Kirim

Kami senang menemukan sendiri karya-karya yang kami anggap sesuai untuk dimuat di Selatan tetapi kami juga akan dengan senang hati membaca karya-karya yang dikirimkan oleh penulisnya tanpa kami minta.

Kami menerima kiriman dari penulis yang sudah terkenal maupun yang baru memulai. Tetapi kami ingin memberikan porsi yang cukup besar bagi karya yang baik dan kami anggap perlu mendapatkan perhatian yang lebih luas walaupun dibuat oleh penulis yang berada di luar radar atau skena sastra pada umumnya.

Kami menerima karya dalam berbagai gaya tetapi kami juga ingin melihat sesuatu yang lebih dalam dari sekadar akrobat bahasa atau kegenitan bermain bentuk. Bacalah karya-karya yang sudah dimuat di dalam Selatan untuk lebih mengerti estetika yang kami sukai. Silahkan baca juga Tentang Selatan untuk mengetahui sudut pandang kami.

Kami mempertimbangkan sebuah karya berdasarkan isinya bukan prestasi penulisnya. Oleh karena itu, mohon untuk tidak menuliskan biodata sama sekali. Biodata baru diminta setelah karya dinyatakan akan dimuat.

Kami hanya menerima karya yang belum pernah diterbitkan di media apapun, cetak maupun online, kecuali di dalam blog pribadi atau laman media sosial seperti Facebook dan sejenisnya. Jika setelah dimuat di Selatan karyamu diterbitkan di media lain, kami akan sangat menghargai kalau kamu menyebutkan karya tersebut pertama kali dimuat di sini.

Kami akan merespon setiap karya yang kami terima. Jika setelah 3 bulan kamu belum mendapatkan kabar dari kami, silahkan hubungi kami kembali. Dan jika sebelum mendengar kabar dari kami ternyata karyamu akan dimuat di media lain, hubungi kami untuk menarik kembali karya tersebut.

Kami belum bisa memberikan imbalan bagi seniman yang karyanya dimuat di Selatan. Tetapi kami berharap keadaan ini akan dapat berubah di masa yang akan datang.

Tuliskan kategori karya yang kamu kirimkan sebagai judul email. Kalau kamu ingin mengirimkan karya untuk lebih dari satu kategori, kirimkan dalam email terpisah.

Selain hal-hal tersebut di atas, pastikan tulisan yang kamu kirimkan ke redaksi@jurnalselatan.com juga memenuhi ketentuan khusus sebagai berikut:

Puisi

Maksimum 10 puisi. Format: .doc atau .docx.

Fiksi

1 fiksi panjang (maksimum 5000 kata) atau 5 fiksi pendek (masing-masing maksimum 1000 kata). Format: .doc atau .docx.

Esai

Maksimum 5000 kata. Format: .doc atau .docx.

Terjemahan

3-5 puisi atau 1-3 fiksi (masing-masing maksimum 5000 kata). Sertakan karya dalam bahasa asal. Pastikan terjemahan sudah mendapatkan izin dari penulis. Format: .doc atau .docx.

Visual

Kami juga menerima karya visual dan fotografi untuk dijadikan ilustrasi atau sampul. Kirimkan maksimum 5 karya. Format: .JPEG.